Tim Lembaga Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta melaksanakan evaluasi akhir tahun yang dilaksanakan di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Agenda ini dihadiri oleh lembaga Ketenagakerjaan yang terdiri dari tim LKS Tripartit, Tim Deteksi Dini, dan Tim Penyelesaian Kasus Hubungan Industrial. Pertemuan ini dipimpin oleh kepala seksi hubungan industrial Bapak Bob Rinaldi, SH. Hal-hal yang dibicarakan yaitu diantaranya adalah mengenai evaluasi selama 1 tahun masa kerja selama tahun 2019.

 Adapun hal lain yang dibicarakan ialah mengenai isu-isu terkini yang perlu diketahui dan perlu didiskusikan di dalam forum. Pada forum ini muncul suatu usulan yakni mengenai audiensi kepada Bapak Walikota mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dan hubungan industrial di Kota Yogyakarta. Hal ini kemudian disetujui oleh seluruh anggota tim yang hadir dan akan direncanakan untuk tahun 2020 mendatang. Kemudian agenda yang akan dilanjutkan yakni kunjungan kerja ke Kementerian Ketenagakerjaan dimana kunjungan ini dinilai sangat bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai regulasi terkait Ketenagakerjaan.

Tim juga menyampaikan mengenai permasalahan kontemporer yang masih terjadi ialah mengenai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sulit diarahkan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Untuk itu diharapkan kontribusi masing-masing tim untuk mengatasi permasalahan ini. Diskusi berlanjut dengan pembahasan mengenai perizinan melalui Online Single Submision (OSS) yang belum banyak diketahui oleh perusahaan secara keseluruhan. Diharapkan dapat diadakan sosialisasi mengenai sistem ini diawali dari Tim Lembaga Ketenagakerjaan sebagai agen terkait isu ketenagakerjaan.

 Kepala Bidang Kesejahteraan dan Hubungan Industrial Ibu Drh. Emy Indaryati, M.P.P.,M.Eng. menyampaikan bahwasanya pada tahun 2020 akan ada beberapa kegiatan klasikal. Pada kegiatan ini  dapat disampaikan mengenai pekerja yang masih menjadi peserta PBI dan belum menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal lain yang dapat disampaikan melalui kegiatan klasikal ini adalah mengenai OSS dimana saat ini perizinan sudah terintegrasi ke pusat. Melalui kegiatan klasikal tersebut, diharapkan permasalahan diatas dapat terselesaikan.

Tim lembaga ketenagakerjaan di Kota Yogyakarta merupakan perwakilan masing-masing unsur yakni pengusaha melalui APINDO, pekerja melalui Serikat Pekerja, dan pemerintah melalui Dinas yang mengampu bidang ketenagakerjaan dalam hal ini Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Melalui evaluasi pada tahun 2019 ini, diharapkan pada tahun 2020 peran serta masing-masing tim dapat meningkat, serta ada kolaborasi dari tim untuk mewujudkan hubungan industrial di Kota Yogyakarta yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan.